Senin, 05 November 2012

APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN INSTRUMEN GAMELAN BALAGANJUR BERBASIS ANDROID

Gamelan merupakan salah satu unsur seni musik nusantara yang merujuk pada alat atau instrumennya satu kesatuan yang dibunyikan bersamaan. Di Bali, instrumen gamelan yang menjadi primadona di kalangan masyarakat adalah gamelan balaganjur. Gamelan balaganjur adalah instrumen yang dimainkan secara bersamaan dan kekompakan penabuh (orang yang memainkan instrumen). Perpaduan kendang, riyong, cengceng, dan sembilan instrumen lainnya begitu serasi dan energik selalu memberikan sajian atraktif yang penuh dengan nilai seni yang luhur.

Berbekal ilmu yang saya peroleh di STMIK STIKOM INDONESIA DENPASAR - PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA saya mencoba membuat sebuah program aplikasi gamelan balaganjur  yang sayang gunakan sebagai Tugas Akhir  dengan judul " RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN INSTRUMEN GAMELAN BALAGANJUR BERBASIS ANDROID ". Dengan bantuan Bapak I Putu Gede Budayasa SST.Par.,M.T.I selaku  Dosen Pembimbing  saya. Terima kasih Wayan Eka Chenjaya dan I Made Candra Putra SE  yang mengajarkan tentang pukulan gamelan, Keluarga saya (Bapak,Ibu, serta ketiga kakak saya),  teman-teman semua, serta seluruh pihak yang telah mendukung, yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sehingga aplikasi ini bisa terselesaikan meskipun masih jauh dari kata sempurna karena masih tahap pembelajaran.

Tidak semua orang bisa membentuk perkumpulan musik, apalagi memiliki alat musik seperangkat instrumen gamelan balaganjur yang jumlah serta pemainnya memakai banyak orang. Padahal banyak sekali orang dengan talenta musik yang hebat di sekitar kita yang tidak tersalurkan,  bakat alaminya terpendam. Untuk itu, bagaimana membuat suatu program yang dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi orang yang ingin belajar alat musik instrumen gamelan balaganjur. Tentusaja sebuah alat yang lebih mudah, praktis, ekonomis dan mengikuti perkembangan jaman.

Berdasarkan permasalahan diatas maka, bagaimana merancang dan membangun aplikasi instrumen gamelan balaganjur berbentuk virtual berbasis Android yang bisa digunakan sebagai media alternative untuk pengenalan dan pembelajaran instrument gamelan balaganjur. Instrumen gamelan yang dikembangkan adalah semua jenis instrumen gamelan balaganjur, meliputi sembilan instrumen yaitu instrumen cengceng, kendang, riyong, ponggang, tawa-tawa, kempli, gong, kempur, dan bebende.
Berikut penjelasaan tentang komponen-komponen yang ada pada aplikasi instrumen gamelan balaganjur yang telah saya buat.
1. Menu Utama, terdapat empat menu yang bisa dipilih yaitu, menu mengenal instrumen gamelan balaganjur, menu belajar instrumen gamelan balaganjur, menu bermain instrumen gamelan balaganjur dengan lagu, dan menu bermain instrumen gamelan balaganjur tanpa diiringi lagu.
2. Menu Mengenal Instrumen Gamelan Balaganjur, berisi penjelasan tentang jenis-jenis instrumn seperti ceng-ceng, kendang, riyong, ponggang, tawa-tawa, kempli, gong, kempur, dan bebende baik fungi dan kegunaannya.
3. Menu Belajar Instrumen Gamelan Balaganjur, berisi sembilan jenis instrumen gamelan balaganjur yang bisa dipilih untuk belajar dan dilengkapi panduan cara memainkan. Setiap instrumen yang dipilih disediakan pukulan instrumen tawa-tawa yang sebagai pemandu dimana berfungsi sebagai pengatur tempo dalam belajar.
4. Menu Bermain Instrumen Gamelan Balaganjur Dengan Lagu, disediakan sembilan jenis instrumen untuk bermain. Dilengkapi dengan satu buah lagu pemandu untuk mengiringi instrument yang akan dimainkan.
5. Menu Bermain Instrumen Gamelan Balaganjur, disediakan semua jenis instrument gamelan balaganjur yang bisa dimainkan secara bersamaan. Pengguna bisa berkreasi sendiri, dengan pengguna aplikasi yang lain, maupun dibantu dengan salah satu lagu instrument yang disediakan.

Semoga aplikasi ini dapat berguna bagi kita semua, berbagai kekurangan dan kesalahan mungkin  ditemukan dalam program aplikasi gamelan balaganjur  ini, dengan segala hormat saya minta maaf yang sebesarnya karena disini saya masih tahap belajar, untuk itu saya juga menerima dengan sepenuh hati segala masukan baik berupa kritik maupun saran dari pengguna untuk perbaikan dan kemajuan aplikasi gamelan balaganjur ini

Instrumen Gamelan Balaganjur ini hanya untuk sistem operasi yang berbasis Android yaitu Honeycomb (3.0) dan Ice Cream Sandwich (4.0)Apl

Untuk Aplikasi Instrumen Gamelan Balaganjur Berbasis Android Silahkan
Download di sini
Download di sini
 Atau Langsung di Play Store

14 comments:

iendro.blogspot.com mengatakan...

mantap bro:E

Unknown mengatakan...

hebat hebat..
jeg top

I Wyan Kopyor bagus mengatakan...

Mantap brother.......lanjutkan....

DIGIsories mengatakan...

Luar Biasa....
jempol sebanyak-banyaknya untuk anda....
dahsyat!!!

I Ketut Murdiana mengatakan...

@iendro:suksama atas kunjunganya brother....
@tut de lugra: suksema brooo...
@i wayan kopyor bagus : suksema pak yan....
@DIGIsories : maksai jempolnya brother :N

Bara mengatakan...

Keren bli,.. :D
mantapp.. :D
di konvert utk bb juga..
biar bisa maenin di PlayBook :D

yudana mengatakan...

Mntap bro,,,,,,

keren tugas akhirnya,,,,,
saya selaku teman 1 kecamatan merasa bangga berteman dengan anda,,,
salam kompak STIKI Indonesia

dian mengatakan...

bli klo untuk symbian ..

I Ketut Murdiana mengatakan...

@ Bara : suksema masukannya, tiang cobak dumun :N :N
@ Yudana : Sip brother....maju terus :E
@ Dian : Khusus untuk Android ya :A

Unknown mengatakan...

mantap dok...,terus berkarya...

NakLengeh mengatakan...

bagus appnya, robot ijo sekarang udah bisa mainin gamelan Baleganjur hee..., buat untuk gamelan Bali lainnya juga Bli. suksma & lanjutkan berkarya untuk Bali.

I Ketut Murdiana mengatakan...

@ Bayyu Pratama: terus berkarya lanjukan...

@ NakLengeh : Suksema bli....siap lanjutkan bli...

khasiat dan manfaat pepes belut untuk kesehatan mengatakan...

terima kasih banyak gan untuk infonya

I Nengah Dwipa Arta mengatakan...

terima kasih shere aplikasinya, mantap lanjutkan terus seni lewat android

:A   :S   :A   :H   :D   :U   :R   :E   :N

Posting Komentar

PERHATIAN.....!!!! " Tuliskan komentar dikolom bawah "
Setelah selesai,Ganti pilihan dibagian bawah [Select Profil.] dengan pilihan [ Name/URL ] isikan nama anda ,URL boleh dikosongin lalu klik Lanjut. Klik Poskan Komentar untuk mengirim komentar anda....

// Mohon Maaf,komentar yang bersifat Spam atau Sara,akan di hapus..

Bagi komentar yang tidak nunjukin identitas (Anonim) seterusnya akan di Hapus..!!